Sunday 15 January 2012

15 JUTA PEZIARAH IKUTI PROSESI ARBAIN


Selama ini saya menyangka bahwa ibadah haji adalah ibadah terbesar yang dilakukan umat Islam. disusul kemudian dengan "ibadah" ziarah ulama pendiri sekte Tabligh di Bengladesh. Namun ternyata saya keliru besar. Ibadah Arbain yang dilakukan umat Shiah di Irak ternyata jauh lebih besar dari sisi jumlah pesertanya. Jika ibadah haji diikuti oleh sekitar 3-4 juta orang, ibadah Arbain diikuti oleh 15 juta orang.

Diperkirakan sebanyak 15 juta lebih peziarah dari Irak dan dari berbagai negara tumpah ruah di kota Karbala, Sabtu (14/1) demi mengikuti prosesi peringatan Arbain, yaitu peringatan penawanan keluarga Ahlul Bait (keluarga Rosulullah) oleh regim Yazid bin Muawiyah yang berlangsung selama 40 hari setelah pembantaian Imam Hasan bin Ali tgl 10 Muharram.

"Saya telah berjalan selama 12 hari," kata Adil Salim, salah satu peserta ziarah dari Irak. "Meski kehausan dan kelaparan serta menghadapi ancaman serangan teroris, kami tetap akan berpartisipasi dalam ziarah ini. Kami tidak akan berhenti meski apapun yang dilakukan para teroris," tambahnya.

Yang sangat mengagumkan saya adalah ketabahan para peserta ziarah yang harus berjalan kaki berpuluh-puluh kolometer di tengah-tengah ancaman serangan teroris yang paling suka menyerang mereka. Namun tentunya semua itu tidak seberapa dibandingkan penderitaan para anggota keluarga Rosulullah yang ditawan Yazid. Berjalan kaki dengan kondisi tangan dan kaki dirantai, sejauh ratusan kilometer dari Karbala hingga Damaskus.

Di antara keluarga Rosulullah yang ditawan adalah cucunda Rosul Sayida Zainab bin Ali serta cicit Rosul Sayid Ali Zainal Abidin bin Hussein
(kesejahteraan untuk mereka)

Gubernur Provinsi Karbala, Amal al-Din al-Har mengatakan di antara jemaah peziarah terdapat 200.000 peserta dari luar Irak. Untuk mengamankan jalannya ziarah, pihak keamanan Irak mengerahkan 35.000 personil keamanan. Selama prosesi mereka telah menangkap 60 tersangka teroris yang diduga akan mengacaukan jalannya ziarah, termasuk dengan memasang 14 bom di pinggir jalan yang dilalui peziarah.

Ziarah Arbain juga dilakukan komunitas Shiah di seluruh dunia.


Sumber:
"Despite Threats, Millions Throng Karbala for Arbaeen Commemoration"; almanar.com.lb; 14 Januari 2011

No comments: