Sunday 5 February 2012

IRAN SUKSES LUNCURKAN SATELIT BUATAN SENDIRI


Menyambut hari Revolusi Iran yang berlangsung tgl 1 sampai 11 Februari mendatang, Iran sukses meluncurkan satelit buatan sendiri "Navid-e Elm-o Sanat" dengan roket yang juga buatan sendiri, "Safir". Peluncuran berlangsung hari Jum'at pagi waktu setempat (3/2). Keberhasilan ini semakin mengukuhkan Iran sebagai pemimpin teknologi ruang angkasa di dunia Islam.

Satelit seberat 50 kg itu berhasil diluncurkan ke orbitnya pada ketinggian 250 hingga 370 km dari permukaan bumi.

Kepala Badan Ruang Angkasa Iran (ISA), Hamid Fazeli, mengatakan kepada pers usai peluncuran bahwa satelit "Navid" dilengkapi dengan peralatan oberservasi canggih yang mampu mengirimkan gambar presisi tinggi seluruh permukaan bumi. Satelit tersebut ditugaskan untuk mengumpulkan data-data cuaca yang berguna untuk memprediksi cuaca sebagaimana juga bencana alam.

Fazeli menambahkan bahwa satelit diharapkan akan mengorbit bumi sekali setiap 90 menit untuk mengirimkan gambar dan data-data ke stasiun pengendali di bumi.

Satelit "Navid-e Elm-o Sanat" adalah satelit telekomunikasi sekaligus juga satelit obeservasi dan ilmu pengetahuan yang data-data yang dikumpulkannya berguna untuk berbagai bidang.

Iran pertama kali meluncurkan satelit buatan sendiri bernama "Omid" pada tahun 2009. Sejak saat itu Iran telah beberapa kali meluncurkan satelit buatan sendiri ke ruang angkasa. Satelit "Omid" mengorbit bumi 15 kali sehari dan mengirimkan data melalui dua frekuensi radio dengan delapan antena ke bumi.

Iran adalah salah satu dari 24 negara anggota dan pendiri "United Nations’ Committee on the Peaceful Uses of Outer Space" yang didirikan pada tahun 1959.



Sumber:
"Iran successfully launches new satellite into orbit"; Press TV – February 3, 2012 dalam thetruthseeker.co.uk; 4 Februari 2012

No comments: