Tuesday 14 August 2012

IRAN LUNCURKAN ROKET PENGANGKUT SATELIT BARU

Tidak berlebihan jika dikatakan bahwa Iran adalah negara yang paling pesat perkembangan ipteknya, sebagaimana diakui juga oleh sebuah media riset internasional beberapa waktu lalu. Sebagaimana sebuah negara maju, Iran telah mampu membuat roket pengangkut satelit, dan untuk ke sekian kalinya, Iran bakal meluncurkan roket pengangkut satelitnya ke ruang angkasa.

Kepala badan ruang angkasa Iran, Hamid Fazeli hari Minggu (12/8), mengumumkan Iran akan segera meluncurkan roket pengangkut satelit Simorgh. Roket ini direncanakan akan membawa kapsul yang berisi mahluk hidup sebagai percobaan sebelum dilakukannya peluncuran roket berawak manusia 2019. Menurut Fazeli roket pendorong satelit itu berbahan bakar padat dan akan diluncurkan akhir bulan Agustus 2012.

Iran meluncurkan satelit pertama buatan sendiri bernama Omid tahun 2009. Setahun kemudian Iran meluncurkan roket berawak mahluk hidup ke ruang angkasa dengan roket Kavoshgar-3 yang juga dibuat oleh Iran sendiri. Selanjutnya pada bulan Juni 2011 Iran berhasil menempatkan satelit pengamat Rasad yang berbobot 15 kg. Misi satelit itu adalah mengambil gambar bumi dari ruang angkasa dan mengirimkan kembali ke stasiun pengamat di bumi dengan menggunakan teknologi informasi telemetri.
Pada bulan Februari tahun ini Iran juga berhasil meluncurkan satelit buatan sendiri bernama Navid-e Elm-o Sanat yang ditujukan untuk membantu pengembangan sains dan industri. Informasi yang diperolah dari satelit ini bermanfaat untuk berbagai bidang industri dan riset.

Iran adalah salah satu dari 24 negara anggota "UN Committee on the Peaceful Uses of Outer Space" atau badan PBB tentang angkasa luar, yang dibentuk tahun 1959.



Sumber: almanar.com.lb; 13 Agustus 2012

No comments: