Friday 28 September 2012

UNTUK PARA PENGUNJUNG SETIA

Alhamdulillah. Puji syukur ke hadirat Tuhan yang Maha Esa yang telah memberi kekuatan kepada saya (blogger) untuk terus menulis dan meng-update artikel-artikel dan berita-berita selama 4 tahun lebih.

Ketika pertama kali menulis artikel di blog ini, saya hanya berharap tulisan-tulisan saya dibaca oleh orang. Tidak peduli dengan jumlahnya, sepanjang masih ada yang membaca, meski hanya 1 orang per-hari, saya akan terus menulis. Demikian tekad saya. Rupanya blog ini mendapat sambutan baik di masyarakat, khususnya di Indonesia. Pelan namun pasti jumlah pengunjung harian terus meningkat. Peningkatan signifikan terjadi setelah saya mempostingkan tulisan bersambung "Sang Terpilih" yang membuat pengunjung harian blog mencapai 700 hit perhari dari sebelumnya hanya sekitar 200-an. Kenaikan signifikan selanjutnya terjadi setelah saya memposting tulisan tentang pangakuan Anggito Abimanyu tentang subsidi BBM yang sempat membuat heboh dunia maya Indonesia. Akibat tulisan itu blog ini pernah dikunjungi hampir 15.000
hit per-hari. Dan setelahnya secara stabil blog ini dikunjungi oleh sekitar 1.000 hit per-hari.

Jumlah pengunjung yang terus meningkat itu membuat saya bertambah semangat untuk lebih aktif meng-update tulisan-tulisan di blog ini, dan hal ini berpengaruh sangat signifikan terhadap kenaikan pengunjung harian blog ini. Saat ini jumlah pengunjung harian blog ini telah menembus angka 2 ribu-an hit. Saya boleh berbangga karena dari indikator itu blog ini ternyata tidak kalah populer dengan blog-blog papan atas tanah air. (Sebagai perbandingan blog Catatan Dahlan Iskan juga dikunjungi oleh 2.000-an pengunjung setiap harinya).

Saya tidak terlalu peduli dengan indikator Alexa Rank yang menempatkan blog ini di peringkat "jeblok", karena saya tahu Alexa memberikan penilaian negatif pada blog-blog yang "numpang" di provider-provider seperti "blogspot" dan "wordpress". Selain itu cara pemeringkatan Alexa juga terasa tidak rasional. Contohnya, ketika pengunjung harian blog ini masih sekitar 1.000-an dan Google Pagerank-nya adalah 1, Alexa memberi peringkat 1.5 jutaan. Namun ketika pengunjungnya mencapai 2 ribu-an dan Pagerank meningkat menjadi 2 seperti sekarang ini, Alexa Rank-nya justru melorot ke angka 3 juta-an. Ketidak rasionalan juga terlihat dari bagaimana Alexa tidak memberikan peringkat pada blog populer namun isinya bertentangan dengan aspirasi orang-orang yahudi, seperti blognya DR. David Duke.

Namun meng-update blog secara konsisten, apalagi dengan tulisan-tulisan sendiri, ternyata bukan pekerjaan mudah. Banyak blog-blog besar yang "mati" karena pengelolanya tidak kuat untuk secara konsisten mengupdate blognya. Termasuk saya. Seringkali saya mengalami kesulitan untuk mengupdate blog ini karena tanaga dan pikiran saya tersita oleh pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan.

Ketika mulai membuat blog ini saya tidak pernah membayangkan untuk memanfaatkan blog ini untuk mendapatkan keuntungan finansial darinya. Bahkan ketika blog ini telah mulai dikenal dan beberapa teman pernah menyarankannya. Namun sekitar setahun yang lalu setelah beberapa usaha kecil-kecilan yang saya rintis belum memberikan hasil yang diharapkan. Saat ini saya tengah membutuhkan suntikan dana untuk menambah modal demi menjaga "tungku dapur tetap mengebul". Bagi para pengunjung yang peduli, pada
pribadi saya atau pada keberadaan blog ini saya, saya sangat berharap kepeduliannya.

Saya tidak ingin menyediakan kolom iklan dalam blog ini agar blog ini tidak menjadi blog komersial. Dalam hal ini yang saya lakukan adalah menghimbau para pengunjung setia blog ini untuk menyisihkan sebagian hartanya menjadi donatur bagi blog ini dengan mengirimkannya ke rekening berikut:

Bank Mandiri Rek. No. 106-00-0430519-2, A/N Cahyono Adi.

Dengan menjadi donatur, otomatis pengunjung turut berperan menjaga eksistensi blog ini sekaligus ikut menjadi "pemilik" blog ini, lengkap dengan segala visi dan misi yang menyertainya sebagai "penyebar kebenaran", insya Allah.

Saya tidak ingin memberi batasan donasi, 1.000 rupiah, 10.000 rupiah, atau bahkan sejuta rupiah, saya anggap sebagai bentuk dukungan atas keberadaan blog ini.

Dan sebelumnya perkenankanlah mengutip satu ayat dalam Al Qur'an mengenai keutamaan berkorban:

Dan orang-orang yang beriman, lelaki dan perempuan, sebahagian mereka (adalah) menjadi penolong bagi sebahagian yang lain. Mereka menyuruh (mengerjakan) yang ma'ruf, mencegah dari yang munkar

Demikian, atas perhatian dan dukungannya saya ucapkan terima kasih.

Blogger,

Cahyono Adi.

No comments: