Monday 29 April 2013

IRAN AKHIRNYA MILIKI RUDAL CANGGIH PENGGANTI S-300

Para zionis internasional boleh saja berhasil menggagalkan Iran untuk mendapatkan sistem pertahanan udara canggih S-300 buatan Rusia, namun mereka tidak bisa mencegah Iran mendapatkan senjata yang tidak kalah canggih.

"Meski akibat tindakan Amerika Iran gagal mendapatkan S-300 dari Rusia, sistem ini berhasil dikembangkan secara domestik dan akan diresmikan penggunaannya tahun depan," kata pejabat militer senior Iran Rear Admiral Farhad Amiri hari Minggu (28/4).

Sistem persenjataan yang dimaksud adalah Bavar-373 yang dibuat berdasarkan sistem S-300. Sistem persenjataan ini tengah menjalani berbagai uji coba sebelum diluncurkan pada tahun baru Parsia yang jatuh pada bulan Maret 2014 mendatang.

Pada tahun 2007 Rusia dan Iran menandatangani kontrak pembelian 5 sistem pertahanan udara S-300 yang dianggap sebagai salah satu sistem pertahanan udara paling canggih di dunia. Namun karena tekanan Amerika melalui DK PBB, Rusia membatalkan perjanjian tersebut. Namun demikian para pengamat inteligen memperkirakan Iran telah memiliki 3 sistem pertahanan udara S-300 yang berasal ex Ukraina yang dibeli di pasar gelap. Selain itu, dikarenakan ancaman serangan udara Amerika yang semakin tinggi dari waktu ke waktu, Iran juga bertekad mengembangkan senjata sendiri yang memiliki kemampuan yang tidak kalah dari S-300.

Selama bertahun-tahun, Iran telah berhasil memenuhi kebutuhan persenjataannya melalui program pengembangan senjata domestik. Berbagai senjata canggih telah berhasil diproduksi oleh tenaga ahli Iran sendiri, mulai dari pesawat tempur, kapal selam hingga tank-tank modern. Iran juga mendapatkan pujian para analis militer karena keberhasilannya membangun senjata-senjata super canggih yang tidak banyak dimiliki oleh negara maju sekalipun seperti rudal ballistik anti-kapal Khalij Fars (senjata sejenis hanya dimiliki oleh Cina) serta pesawat pembom tempur siluman Qaher-313.

Kini bahkan Israel, Amerika dan negara-negara barat dilanda ketakutan Iran bakal mengembangkan senjata nuklir.



REF:
Iran to unveil indigenous S-300 missiles: Army cmdr."; Press TV; 28 April 2013

No comments: