Wednesday 20 November 2013

BROTHERHOOD YANG TERLAMBAT SADAR

Jika saja hal ini dilakukan sebelum tgl 3 Juli 2013, ketika militer Mesir mengkudeta Presiden Moersi, nasib Moersi dan Moslem Brotherhood (Ikhwanul Muslimin) mungkin tidak akan seperti sekarang. Moersi dan para pemimpin Brotherhood masih duduk di kursi kekuasaan, bukannya menjadi tahanan dan buronon, para pengikutnya ditembaki di jalanan dan ratusan orang meninggal sia-sia. Dengan posisi sekarang yang sudah sangat lemah, tawaran perundingan yang akhirnya diberikan oleh Brotherhood kepada pemerintah sementara Mesir diperkirakan tidak akan banyak membantu Mohammad Moersi dan Brotherhood.

Sebagaimana diberitakan media-media internasional baru-baru ini, Ikhwanul Muslimin akhirnya mengeluarkana tawaran perundingan kepada pemerintah tanpa menuntut pengembalian kekuasaan Moersi.   

Dalam pernyataan resminya baru-baru ini Ikhwanul Muslimin Mesir menyerukan "semua kekuatan revolusioner dan partai politik serta figur-figur patriot untuk melakukan dialog secara mendalam tentang situasi politik terakhir". Dalam pernyataan tersebut Brotherhood bersikukuh untuk melakukan "oposisi damai" yang memperjuangkan "konsesus untuk kebaikan negara".

Brotherhood menerapkan beberapa syarat untuk diselenggarakannya dialog nasional, termasuk pembebasan tahanan politik dan pengoperasian kembali media-media massa yang ditutup pemerintah paska penggulingan Moersi. Namun berbeda dengan tuntutan mereka selama ini, Brotherhood tidak mencantumkan syarat "pengembalian kekuasaan Moersi". Brotherhood hanya menuntut:

"Pengembalian legitimasi konstitusi dan proses demokratis dengan partisipasi seluruh kelompok politik tanpa mengistimewakan satu kelompok dan mengabaikan kelompok lainnya."



REF:
"Brotherhood offers talks to "exit" post-Morsi crisis"; dailystar.com.lb; 16 November 2013

3 comments:

abu bakar said...

mereka menginginkan media massa mereka dapat dikembalikan, namun telah timbul seruan - tiada sisi dan tiada mursi, bagaikan majlis tahkim Ali dan Muawiyah harus dicopot dari kedudukan mereka,..sangat disayangkan tiada tokoh yang menonjol untuk memimpin....demikianlah alam xxxxx

abu bakar said...

John kerry ada ulasan terbaru..
mungkin ada kebenarannya

abu bakar said...

fail rahsia MB syria

http://syria360.files.wordpress.com/2013/11/dia-syria-muslimbrotherhoodpressureintensifies-2.pdf